DESKRIPSI IKLAN RAMAYANA VERSI KEREN LAHIR BATIN MENYAMBUT LEBARAN 2018

  • Achmad Mubaraak Universal Printing Sukabumi
Keywords: iklan, televisi, semiotika, budaya.

Abstract

Televisi sebagai salah satu media penyampaian informasi menjadi salah satu media yang paling diminati banyak orang, banyak perusahaan ataupun instansi menayangkan iklan agar mudah ditonton oleh calon konsumen. Iklan televisi merupakan karya audio visual yang tidak hanya sebagai media promosi tapi memiliki latar belakang cerita dengan kandungan makna di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan pendekatan semiotika roland barthes. Objek penelitian ini adalah Iklan Ramayana versi keren lahir batin menyambut lebaran 2018, penelitian ini membahasa makna visual, denotasi dan konotasi yang pada iklan tersebut, sehingga akan diperoleh makna yang ada pada iklan tersebut. Dari analisis tersebut didapatkan sesimpulan bahwa iklan ramayana ini syarat akan nilai budaya dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Iklan yang baik tidak hanya cukup dengan menarik perhatian saja namun harus memiliki nilai-nilai edukasi.

Published
2021-05-04
Section
Articles