(SEBUAH ALTERNATIF) PENGEMBANGAN SKEMA PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL BAGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

  • ficky aulia ficky Universitas Nusa Putra
Keywords: Desain Komunikasi Visual, Branding, Identitas Visual, skema perancangan

Abstract

Identitas visual merupakan salah satu porsi dari keilmuan DKV yang terbilang krusial. Perannya mampu merepresentasikan citra perusahaan/produk ke dalam bentuk simbol yang kemudian tertanam ke benak audiens. Ini merupakan bagian kecil dari irisan konsep branding yang besar dan mencakup banyak strategi. Perannya dalam area visual ialah lebih dari sekadar diferensiasi, yang berarti melibatkan strategi untuk memuat nilai-nlai di dalamnya, seperti bagaimana positioning dalam wujud visual sebagai representasi dari visi dan misi perusahaan, bagaimana itu terwujud melalui bentuk yang didasari suatu relasi makna yang kuat dan melalui strategi teoritis dan teknis beserta pedoman-pedomannya. Sehingga dalam kurun waktu tertentu identitas visual hadir dan dimaknai oleh aidiens secara emosional. Ini menjadi sebuah tantangan ketika hari ini para aktivis desain telah bersama lahir di masa yang serba praktis. Kita semua tahu bahwa kreativitas merupakan jalan agung menuju sebuah peradaban seni dan desain. Namun, jurnal terapan ini menawarkan satu alternatif sebagai langkah pembantu yang strategis dan sistematis dalam proses pembentukan identitas visual untuk para peserta didik maupun aktivis desain. Di mana memuat cara kerja convergent dan divergent think sebagai upaya pembentukan identitas visual ke arah yang berkualitas dan efektif. Penempuhan skema ini bertujuan setidaknya menjadi upaya pembeda bagi dunia yang semakin serba instan, sekaligus menjadikannya bentuk respon untuk menjawab tantangan di dunia industri di berbagai skala, agar peserta didik mampu mengurai permasalahan secara metodologis. Oleh karenanya melalui metode observasi, penulis memiliki usaha untuk menawarkan sebuah skema perancangan identitas visual.

Published
2023-04-19
How to Cite
ficky, ficky aulia. (2023). (SEBUAH ALTERNATIF) PENGEMBANGAN SKEMA PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL BAGI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 5(1), 8-33. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i1.141
Received 2023-03-01
Published 2023-04-19