ANALISIS DESAIN KEMASAN PRODUK KOLABORASI KOSMETIK “ETUDE HOUSE” DENGAN COKLAT “HERSHEY’S” Analysis of “ETUDE HOUSE” X ”HERSHEY’S” product packaging

  • Agus darmawan Agus DKV
Keywords: packaging, design, visual appeal, cosmetics

Abstract

Persaingan produk tak lagi dari segi kualitas produk tetapi juga kualitas kemasan, membuat berbagai produsen berkreasi dengan desain kemasan produk mereka. Kemasan saat ini dinilai sebagai elemen penting dari positioning produk di pasaran bahkan menjadi bakal penentu bagi calon konsumen untuk memutuskan untuk membeli produk. Salah satunya adalah persaingan ketat di industri kosmetik, produk yang memiliki identitas kuat pada produknya akan mudah meraih posisi di kalangan konsumen. Dan kesempatan ini dimanfaatkan oleh Etude House selaku salah satu brand kosmetik asal Korea Selatan. Dikenal melalui produk yang berkualitas dan terjangkau serta desain kemasan yang disuguhkan secara menarik, membuat Etude House kali ini menggaet brand produk coklat kenamaan yaitu Hershey’s untuk berkolaborasi dalam produknya. Dengan menggabungkan keahlian Etude dengan desain kemasan yang inovatif dan produk Hershey’s yang ikonik, membuat kemasan produk yang dihasilkan menjadi unik dan menarik. Melalui pembahasan mengenai daya tarik visual pada elemen estetis kemasan dan daya tarik praktis pada elemen fungsional kemasan, dapat menunjukan daya saing yang dimiliki oleh kemasan produk ini cukup kuat. Kegiatan analisis dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap analisa data, interpretasi data, pencocokan dengan teori terkait, serta tahap penarikan kesimpulan yang disajikan dengan metode kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa industri kemasan akan terus berkembang dengan inovasi-inovasi baru tanpa melupakan fungsi utama dari kemasan yaitu untuk menyampaikan informasi serta melindungi produk. Melalui permainan elemen utama kemasan seperti tipografi, warna, ilustrasi, layout, bentuk, serta elemen lainnya, kemasan yang awalnya hanya dipandang sebagai alat pembungkus produk kini telah berkembang menjadi suatu industri yang memiliki persaingan ketat.

The product competition is not only seen in terms of the product quality itself, at this time people also see the product from the quality of packaging. This condition makes the producer more creative with their product designs. Moreover, Packaging is currently considered as an important element of product positioning in the market and even becomes a determinant potential for customers to buy the product. One of them is the highly competitive cosmetic industry, where the products that have a strong identity will be easily selected among the consumers. This opportunity was used by Etude House as one of the cosmetic brands from South Korea. Known by their quality, affordable prices, and attractive packaging designs, this time Etude House collaborated with the famous chocolate product brand, Hershey's. By combining Etude's innovative packaging design and iconic Hershey's products, it results the unique and attractive product packaging for their collaboration. Therefore, through the article about visual appeal on the aesthetic elements and practical appeal on the functional elements of the packaging, this article can show that the competitiveness of this product packaging is quite strong. Further, the analysis will use qualitative methods and start from the data collection, data analysis, data interpretation, theory selection, and the last part is the conclusion. It can be concluded that the packaging industry will continue to evolve with many innovations without forgetting the main function of packaging itself, which is to convey information and protect the products. Through the main elements of the packaging such as typography, colors, illustrations, layouts, shapes, and other elements, packaging that was originally seen as a wrapping tool has now developed into an industry that has strong competitiveness

Published
2021-08-04
Section
Articles