KONSTRUKSI ANJING DALAM SISTEM PENANDAAN JUDITH WILLIAMSON DI IKLAN KOMERSIAL KITC

  • nur aulia muhibar akbar Universitas Gadjah Mada
Keywords: semiotika, judith williamson, iklan, anjing, KITC

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini mencoba menjelaskan konstruksi Anjing pada sistem penandaan semiotika iklan Judith Williamson di iklan komersil KITC. Perspektif analisis semiotika iklan Judith Williamson (1978) pada beberapa konsep teoretisnya seperti product as signified, product as signifier, product as generator, dan product as currency membantu untuk menjelaskan bahwa anjing menjadi commodity sign dari produsen untuk menawarkan perbedaan-perbedaan dari produk sejenis lainnya di pasaran dalam bentuk Shiba Inu atau anjing shiba dari Jepang. Memanfaatkan kepopuleran anjing shiba dan nilai yang disebatkan membuat barang-barang yang secara nilai fungsi dapat didapatkan dengan harga yang lebih murah, kini harus dibayar lebih mahal karena mendapatkan commodity sign yang mengajak orang percaya bahwa mereka butuh hal itu dalam wujud status “keaslian”. Target audiens mengkonsumsi tanda melalui perantara commodity sign pada anjing shiba, berlomba menjadi yang unik dan special melalui produk yang mereka konsumsi,

Katakunci: Semiotika; Judith Williamson; Iklan; Anjing; KITC;

 

Published
2020-04-01
How to Cite
akbar, nur aulia muhibar. (2020). KONSTRUKSI ANJING DALAM SISTEM PENANDAAN JUDITH WILLIAMSON DI IKLAN KOMERSIAL KITC. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v2i1.108
Received 2022-06-10
Accepted 2022-06-13
Published 2020-04-01