KAJIAN VISUAL IKLAN SHOPEE VERSI BLACKPINK (2018) MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA

  • arief johari UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Keywords: iklan; televisi; semiotika kecantikan;

Abstract

Televisi merupakan salah satu media masa yang sangat efektif untuk menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat karena media televisi tersebut banyak diminati oleh masyarakat, dengan menayangkan sebuah iklan pada televisi sendiri dapat menarik perhatian banyak orang karena televisi bisa menampilkan sebuah gambar beserta dengan audio visualnya sehingga masyarakat yang melihatnhya dapat dengan mudah memahami isi dari iklan tersebut. Dari hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sander Peirce. Objek dari sebuah penelitian ini adalah iklan komersil Shopee versi Blackpink 2018, penelitian ini membahas tentang sebuah tanda, objek, interpretan dan teknik pengambilan gambara, sudut pengambilan gambar sampai pergerakan kamera yang terkandung dalam iklan tersebut. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan Shopee tersebut memberikan kesan yang sangat baik kepada penonton terutama di kalangan remaja khususnya perempuan yang tertarik dengan kecantikan yang harus dimilikinya.

Katakunci: iklan; televisi; semiotika kecantikan;

Published
2020-04-01
How to Cite
johari, arief. (2020). KAJIAN VISUAL IKLAN SHOPEE VERSI BLACKPINK (2018) MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 2(1), 25-30. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v2i1.121
Received 2022-06-14
Accepted 2022-06-14
Published 2020-04-01