Motivasi Wisatawan dalam Membeli Produk Kemasan Plastik di Tempat Kawasan Wisata Pantai

  • rahmania rahmania Universitas Aisyiyah Bandung
  • Laurensius Windy Octanio Haryanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ahmad Rieskha Harseno Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Keywords: Motivasi, Kemasan, Wisata

Abstract

Seseorang melakukan wisata umumnya untuk mendapatkan kesenangan, namun seringkali destinasi wisata tidak seperti yang diharapkan. Salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi adalah pantai. Sebagai destinasi wisata yang memanfaatkan potensi alam, pantai memiliki permasalahan terkait dengan kebersihan lingkungan. Kebersihan destinasi wisata dipengaruhi oleh perilaku wisatawan saat berada di lokasi dan peran para pelaku usaha dalam menjual produknya. Salah satu perilaku wisatawan yang membuat destinasi menjadi tidak indah yaitu membuang sampah secara sembarang. Penelitian ini menggunakan studi literatur untuk menemukan berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku wisatawan dalam membuang sampah. Terdapat sembilan faktor penyebab wisatawan membuang sampah sembarangan. Selain itu pengaruh dari pelaku usaha yang menawarkan produk dengan kemasan plastik atau produk instan kepada wisatawan menyebabkan timbulan sampah dari produk yang terjual. Keterkaitan antara pelaku usaha dan wisatawan menjadi faktor yang menyebabkan banyaknya sampah anorganik di tempat destinasi wisata. Faktor harga dan kemudahan untuk mendapatkan produk menentukan keputusan wisatawan dalam memilih antara produk plastik dengan ramah lingkungan. Penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat dibutuhkan untuk dapat menanggulangi dan mengurangi sampah plastik yang dapat merusak lingkungan.

Published
2023-04-26
How to Cite
rahmania, rahmania, Laurensius Windy Octanio Haryanto, & Ahmad Rieskha Harseno. (2023). Motivasi Wisatawan dalam Membeli Produk Kemasan Plastik di Tempat Kawasan Wisata Pantai. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 5(1), 34-41. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i1.140
Received 2023-01-01
Accepted 2023-04-26
Published 2023-04-26