Totemisme dalam Iklan Netflix-nya asix: Analisis semiotika iklan perspektif judith williamson

  • Kukuh giaji Universitas Gadjah Mada
Keywords: semiotika, Judith Williamson, Iklan, Netflix, Asix

Abstract

ABSTRAK

Esai ini berusaha menjelaskan totemisme dalam iklan Netflix-nya Asix dengan meminjam kerangka teoretis semiotika Iklan Judith Williamson (1978). Esai ini akan menunjukkan bagaimana Netflix sebagai petanda diberikan makna oleh penanda-penanda di dalam iklan itu dan selanjutnya dianalisis nilai tukar seperti apa yang tercipta antara konsumen dan iklan, yang dalam konteks ini berwujud totemisme. Iklan Netflix-nya Asix membangun mitos tentang Netflix sebagai produk yang menyehatkan, membugarkan dan juga turut mengkonstruksikan pandangan atas platform yang eksklusif untuk para penggunanya. Aktor atau figur di dalam iklan ini berfungsi sebagai penanda untuk produk dan juga subjek, pelanggan Netflix. Subjek dalam hal ini mengimajinasikan dirinya sebagai individu yang “anti arus utama”, “independen”, dan “alternatif” sebagaimana citra yang dimiliki oleh para figur dalam iklan ini, yaitu Kunto Aji, Ramengvr, dan Barakatak.

Kata Kunci: Semiotika, Judith Williamson, Iklan, Netflix, Asix,

Published
2021-12-01
How to Cite
giaji, K. (2021). Totemisme dalam Iklan Netflix-nya asix: Analisis semiotika iklan perspektif judith williamson. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 3(3), 14-20. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v3i3.82
Received 2022-06-09
Accepted 2022-06-13
Published 2021-12-01