Analisis semiotika pada iklan cetak tiket.com “book anytime, go anywhere”

  • rinta arina Universitas Gadjah Mada
Keywords: semiotika, judith williamson, iklan, cetak, tiket.com

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini berusaha mencoba mengetahui ideologi di balik iklan cetak tiket.com “Book Anytime, Go Anywhere”. Beberapa konsep teoretis semiotika iklan Judith Williamson (1979) menjadi pisau bedah untuk mengetahui ideologi yang bekerja pasa iklan cetak tiket.com “Book Anytime, Go Anywhere”. Tulisan ini menunjukkan bahwa visualisasi iklan ini menunjukkan adanya ideologi patriarki dan sexist yang masih terus beredar di masyarakat, di satu sisi memperlihatkan bahwa perempuan masih tetap diidentikkan pada pekerjaan domestik seperti membersihkan rumah dan mengurus rumah tangga. Namun, di sisi lain menawarkan suatu ‘angin segar’ dalam kehidupan perempuan dengan pekerjaan yang menumpuk dan tak terselesaikan, bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan ‘escape’ dan melupakan pekerjaan tersebut selama beberapa saat dengan melakukan booking tiket perjalanan ke mana saja dan kapan saja.

Kata Kunci: Semiotika; Judith Williamson; Iklan; Cetak; tiket.com;

Published
2021-12-01
How to Cite
arina, rinta. (2021). Analisis semiotika pada iklan cetak tiket.com “book anytime, go anywhere” . JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 3(3), 28-32. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v3i3.84
Received 2022-06-09
Accepted 2022-06-13
Published 2021-12-01