Kampanye Anti Sosial Akibat Pengaruh Penggunaan Game Smartphone Berlebihan Melalui Perancangan Film Pendek

  • arief johari arief UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Keywords: Game Smartphone, Interaksi Sosial, Film Pendek

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan smartphone berlebih menyebabkan ketergantungan dan berdampak pada interaksi sosial yang kurang (Anti- Sosial). Salah satu dampak dari kemajuan teknologi adalah munculnya perangkat smartphone yang selain berguna sebagai sarana komunikasi juga bisa sebagai game. Berbagai permainan diakses melalui internet secara bebas. Tidak hanya informasi, berbagai sarana hiburan juga disajikan oleh internet. Salah satunya adalah game smartphone. Ada tiga dampak dari kecanduan game menurut WHO (World Health Organization) yakni Menarik diri dari lingkungan, mudah kehilangan kendali, dan tidak peduli dengan kegiatan lain di sekitarnya. Namun Pilihan permainan yang tepat dan tidak mengandung unsur kekerasan, serat pemakaian yang tidak kecanduan diketahui bermanfaat meningkatkan kinerja otak. Mengetahui adanya hubungan signifikan antara pengguna smartphone dengan tingkat ketergantungan penggunaan game smartphone dan adanya hubungan signifikan antara tingkat ketergantungan game smartphone dengan interaksi sosial di sekelilingnya. Maka pada Tugas akhir ini membahas tentang proses produksi film pendek kampanye anti sosial pengaruh penggunaan game smartphone berlebihan yang digunakan untuk menyadarkan pengguna smartphone bahwa interaksi yang paling penting itu adalah disekelilingnya bukan disebuah layar smartphone. Dalam media film pendek ini disajikan dengan sebuah cerita realita hidup sosial saat ini dan diperoleh ekspektasi dalam penggunaan smartphone yang baik dan wajar.

Katakunci: Game Smartphone, Interaksi Sosial, Film Pendek

Published
2021-08-01
How to Cite
arief, arief johari. (2021). Kampanye Anti Sosial Akibat Pengaruh Penggunaan Game Smartphone Berlebihan Melalui Perancangan Film Pendek. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 3(2), 1-5. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v3i2.87
Received 2022-06-09
Accepted 2022-06-13
Published 2021-08-01