ANALISIS VIDEO IKLAN BATIK SUKABUMI SEBAGAI IDENTITAS KULTURAL BANGSA INDONESIA

  • NurFauzi NurFauzi Universitas Nusa Putra
Keywords: video iklan, Batik, Sukabumi

Abstract

ABSTRAK

Seni batik di Indonesia telah mengalami perkembangan motif, teknik, proses dan fungsi akibat perjalanan masa dan sentuhan berbagai budaya lain. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, secara langsung maupun tidak langsung sedikit banyak memberikan kontribusi sekaligus dampak terhadap perjalanan dan perkembangan seni batik sebagai aset budaya milik bangsa Indonesia. Saat ini, Batik berada di puncak popularitasBatik sudah ditetapkan sebagai Indonesian Cultural Heritage yaitu warisan budaya tak benda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik adalah seni gambar di atas kain untuk pakaian. Seni gambar ini tidaklah asal menggambar saja akan tetapi motif apa yang digambar juga memiliki makna filosofis. Filosofi motif batik ini berkaitan erat dengan kebudayaan Jawa yang sangat kental dengan simbolsimbol yang sudah mengakar kuat dalam falsafah kehidupan masyarakat Jawa. Sebelum sampai pada pengakuan dunia akan Batik yang diakui sebagai warisan budaya tak benda bangsa Indonesia (Intangible cultural heritage), maka peneliti akan membahas beberapa hal berkaiatan dengan alasan Batik yang diperjuangkan bangsa Indonesia sebagai warisan budaya serta Batik yang dijadikan identitas budaya bangsa Indonesia di era globalisasi. Beberapa hal itu diantaranya Sejarah Batik di Indonesia, Elemen-elemen Yang Mendukung Batik Sebagai Indonesian Cultural Heritage, dan Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia di Era Globalisasi.

Katakunci: Video Iklan; Batik; Sukabumi;

Published
2020-12-01
How to Cite
NurFauzi, N. (2020). ANALISIS VIDEO IKLAN BATIK SUKABUMI SEBAGAI IDENTITAS KULTURAL BANGSA INDONESIA. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 2(3), 1-5. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v2i3.97
Received 2022-06-09
Accepted 2022-06-13
Published 2020-12-01