PERANCANGAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA APLIKASI TIPOGRAFI VERNAKULAR BERTEMAKAN BINATANG, BUAH DAN SAYURAN (MEDIA PENGENALAN HURUF BAGI ANAK USIA 4-5 TAHUN)

  • Ratu Geofani Ratu Geofani universitas nusa putra
Keywords: Puzzle, anak usia dini, tipografi, vernakular

Abstract

ABSTRAK

Puzzle dipilih sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan di Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Puzzle adalah suatu gambar yang dibagi menjadi potongan-potongan gambar yang bertujuan untuk mengasah daya pikir, melatih kesabaran, dan membiasakan kemampuan berbagi. Selain itu, media puzzle juga dapat disebut permainan edukasi karena tidak hanya untuk bermain tetapi juga mengasah otak dan melatih antara kecepatan pikiran dan tangan. Oleh karena itu, media puzzle diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar anak. Oleh karena hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan menggunakan media puzzle untuk mendukung pembelajaran khususnya usia (4-5 tahun) dengan menggunakan tipografi vernakular dengan bertemakan hewan buah-buahan dan sayuran.

Katakunci: Puzzle; Anak Usia Dini; Tipografi; Vernakular;

Published
2020-12-01
How to Cite
Ratu Geofani, R. G. (2020). PERANCANGAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA APLIKASI TIPOGRAFI VERNAKULAR BERTEMAKAN BINATANG, BUAH DAN SAYURAN (MEDIA PENGENALAN HURUF BAGI ANAK USIA 4-5 TAHUN). JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 2(3), 14-20. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v2i3.99
Received 2022-06-09
Accepted 2022-06-13
Published 2020-12-01