DESAIN KEMASAN PRODUK ‘Mochi Gulung Kiwari’

  • raray istianah raray universitas nusa putra
Keywords: Desain Kemasan, Brand, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

Abstract

Brand Mochi Gulung Kiwari yakni produk unggulan Mochi Kiwari yang merupakan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kabupaten Cisaat. Mochi ini mempunyai keunggulan berupa mochi yang digulung dan mempunyai isian kacang didalamnya, tetapi produknya belum didukung oleh desain kemasan yang dinilai kurang memiliki identitas informasi produk, melainkan hanya dikemas dengan toples plastik transparan dengan label sticker yang dicetak, sehingga tidak memiliki daya tarik bagi konsumen. Tujuan perancangan kemasan produk Mochi Kiwari adalah sebagai upaya memberikan identitas produk dan dapat menunjukkan image produk dengan kompetitor lainnya. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode R&D, penelitian data untuk produk menggunakan analisis SWOT dan metode penciptaan berupa ide berkarya, simulasi, kontemplasi dan proses berkarya. Konsep perancangan kemasan produk Mochi Kiwari menampilkan desain kemasan produk dengan citra untuk level menengah dan menengah keatas. Dari pembuatan kemasan Mochi Kiwari, diharapkan mampu untuk memperkuat identitas produk sebagai oleh-oleh khas daerah Kabupaten Sukabumi agar tercapainya produk Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang berkualitas.

Published
2023-04-19
How to Cite
raray, raray istianah. (2023). DESAIN KEMASAN PRODUK ‘Mochi Gulung Kiwari’. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i1.142
Received 2023-04-19
Published 2023-04-19