PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM SUKABUMI DI MEDIA SOSIAL

  • raray istianah raray universitas nusa putra
Keywords: Ekonomi digital, UMKM, Media Sosial

Abstract

ABSTRAK

Beberapa kendala dari kegiatan ekonomi konvensional banyak menyebabkan penurunan PDB, berkurangnya pegiat UMKM, turunnya omset para pegiat UMKM atau bahkan mengalami kerugian yang berdampak pada berkurangnya jumlah lapangan kerja yang tersedia bagi usia produktif, turunnya tingkat kesejahteraan, hingga sulitnya memenuhi kebutuhan hidup. Peran Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bagi suatu daerah memiliki peranan penting sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu cara agar produk kreatif daerah dapat dikenal luas adalah dengan cara memiliki UMKM. selain itu UMKM terbukti mampu memberikan peluang kerja untuk para pelaku usaha di daerah tersebut. Pertumbuhan ekonomi digital yang semakin pesat banyak konsumen yang melakukan berbagai kegiatan ekonomi secara online terutama di media sosial dan e-commers. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuantitatif dan studi literatur yaitu dengan cara pengambilan suara melalui angket kepada masyarakat Sukabumi dan pencarian sumber- sumber ilmiah. Setelah itu dari data yang telah disusun, kemudian bisa ditarik kesimpulan bahwa, membuat sebuah bentuk kampanye video iklan layanan masyarakat adalah opsi tepat untuk mengajak masyarakat mempromosikan UMKM agar dikenal luas oleh kalangan masyarakat melalui promosi di media sosial yang mereka miliki.

 

Katakunci: Ekonomi digital; UMKM;Media Sosial

 

Published
2021-08-01
How to Cite
raray, raray istianah. (2021). PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM SUKABUMI DI MEDIA SOSIAL. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 3(2), 33-41. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v3i2.90
Received 2022-06-09
Accepted 2022-06-13
Published 2021-08-01