REAKTUALISASI SENI WAYANG SUKURAGA MELALUI PERANCANGAN POP UP POSTER

  • Agus darmawan Agus DKV
Keywords: Wayang Sukuraga, Poster Pop Up, Kampanye, Sukabumi

Abstract

Wayang Sukuraga belum banyak dikenal oleh masyarakat Kota Sukabumi dan dikenal oleh daerah luar Sukabumi hal ini ditunjukan dari hasil wawancara sukabumiupdate bersama Effendi Sukuraga dan Walikota Sukabumi. Dalam suatu perkembangan kesenian tradisional wayang sukuraga dapat berkembang dan terjaga kelestariannya. Poster pop up merupakan karya 3 dimensi pada poster untuk memberikan penjelasan yang lebih realistik. Pada jenis kampanye yang penulis ambil yaitu ideologically or cause oriented campaign dalam kampanye jenis ini biasa disebut social change campaign. Wayang sukuraga diangkat dan dipromosikan melalui media poster pop up dengan menggunakan jenis kampanye sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada kajian ini merupakan kajian yang membahas tentang perancangan Poster Pop Up media kampanye Wayang Sukuraga.

Published
2020-08-01
How to Cite
Agus, A. darmawan. (2020). REAKTUALISASI SENI WAYANG SUKURAGA MELALUI PERANCANGAN POP UP POSTER. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 2(2), 41-47. https://doi.org/10.52005/dasarupa.v2i2.122
Received 2022-08-25
Accepted 2022-08-25
Published 2020-08-01