PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UMKM NUSAPAD (NUSANTARA DESK PAD) DALAM MEMBENTUK CITRA PRODUK

  • Agus darmawan Agus DKV
Keywords: Desain kemasan, Brand, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Citra, Pemasaran

Abstract

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM memberikan kontribusi sekitar 60,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional, menunjukkan peran signifikan dalam pertumbuhan ekonomi. Pendataan koperasi dan UMKM dilakukan bersama BPS pada 2023. Hingga Juni 2023, sekitar 22,68 juta UMKM telah mengadopsi onboarding digital, mencerminkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi.Desain kemasan memiliki peran besar dalam membangun citra merek yang kuat. Selain menciptakan identitas mudah dikenali, desain yang menarik secara visual memiliki kemampuan untuk menarik perhatian konsumen dan menciptakan kesan positif. Desain kemasan yang unik menjadi kunci dalam membedakan produk di pasar yang kompetitif. Kemasan tidak hanya melindungi produk tetapi juga berfungsi sebagai alat komunikasi efektif untuk menyampaikan informasi tentang merek, keunggulan produk, dan cerita merek.UMKM NUSAPAD, produsen Dak Pad bertema Nusantara, menghadapi kendala karena desain kemasan yang kurang menarik. Dalam penelitian ini, penulis merencanakan desain kemasan untuk memperkuat citra produk UMKM tersebut, menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan desain kemasan, dengan menambahkan identitas, ilustrasi, dan informasi pada kemasan, dapat meningkatkan citra produk dan meningkatkan minat beli konsumen. 

Published
2024-02-21
How to Cite
Agus, A. darmawan. (2024). PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UMKM NUSAPAD (NUSANTARA DESK PAD) DALAM MEMBENTUK CITRA PRODUK. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 5(2), 1-9. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i2.161
Received 2024-02-21
Accepted 2024-02-21
Published 2024-02-21